Optimasi Konsentrasi Polivinil Pirolidon (PVP) sebagai Bahan Pengikat tehadap Sifat Fisik Tablet Ekstrak Etanol Rimpang Bangle (Zingiber cassumunar Roxb)

apt. PUTU OKA SAMIRANA, S.Farm., M.Sc., PUTU OKA SAMIRANA and COKORDA ISTRI SRI ARISANTI.S.Farm.M.Si.Apt, COKORDA ISTRI SRI ARISANTI (2019) Optimasi Konsentrasi Polivinil Pirolidon (PVP) sebagai Bahan Pengikat tehadap Sifat Fisik Tablet Ekstrak Etanol Rimpang Bangle (Zingiber cassumunar Roxb). Jurnal Farmasi Udayana, 7 (2). ISSN 2301-7716

[img] Archive
894586407015b0cf427c6472323b6054.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Rimpang bangle (Zingiber cassumunar Roxb.) mengandung senyawa aktif seperti cassumumin A-C, cassummarin A-C, Phenylbutanoid, dan (E)-4-(3,4-dimethoxyphenyl) but-3-en-1-ol yang memiliki aktivitas sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan agen antialergi sehingga potensial digunakan sebagai anti alergi. Rimpang bangle dibuat menjadi sediaan tablet karena memiliki beberapa keuntungan yaitu mudah dikonsumsi, praktis, takarannya tepat, menutupi rasa yang pahit dan bau khas dari rimpang bangle dan stabilitasnya terjaga dalam penyimpanan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tablet rimpang bangle yang memiliki sifat fisik yang baik dengan menggunakan PVP sebagai bahan pengikat. Ekstrak rimpang bangle dibuat secara maserasi menggunakan pelarut etanol 70%, tablet diformulasi dengan menggunakan metode granulasi basah.Tablet ekstrak etanol rimpang bangle diformulasikan dalam 3 formula dengan variasi kadar PVP FI 1%, FII 2,75%, dan FIII 4,5%. Granul dihasilkan diuji sifat fisiknya meliputi uji kelembaban, distribusi ukuran partikel, waktu alir, sudut diam, bulk density, dan kompressibilitas, sedangkan tablet yang dihasilkan diuji sifat fisiknya meliputi uji organoleptis, keseragaman ukuran, keseragaman bobot, kerapuhan, dan waktu hancur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi optimum yang didapatkan yaitu pada FIII dengan konsentrasi PVP 4,5%yang telah memenuhi syarat uji organoleptis, keseragaman ukuran, keseragaman bobot, dan kerapuhan tablet.
Kata kunci: Rimpang Bangle, PVP, Tablet

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: USDI USDI Universitas Udayana
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:24
Last Modified: 20 Jul 2020 12:24
URI: https://erepo.unud.ac.id/id/eprint/29432

Actions (login required)

View Item View Item